Sony Ericsson Arc S Review: Handal Berkat Teknologi Exmor R

Sony Ericsson, yang kini dimiliki sepenuhnya oleh Sony, menghadirkan kualitas kamera yang handal berkat teknologi Exmor R.

Sony Ericsson memiliki rekam jejak yang panjang dalam hal ponsel kamera. Bahkan vendor ini terbilang pelopornya. Kita ingat lima tahunan lalu mereka menggelontorkan ponsel kamera yang membenamkan teknologi andalan dari Sony, Cyber-shot. Kualitas kamera dari ponsel Sony Ericsson tergolong unggulan dan menjadi top-of-mind. Waktu terus berlalu. Era featured phone berganti trend menjadi smartphone. Sony Ericsson yang sempat goyah berusaha bangkit dengan memilih Android yang rupanya menaikkan lagi namanya. Beberapa ponsel Android yang dilepas cukup sukses. Merekapun tak hanya memasukkan begitu saja sistem operasi yang diperoleh dari Google. Sony Ericsson menambahkan lagi kekuatan yang dulu dimilikinya: kamera. Salah satu ponsel baru berbasis Android yang menekankan pada kualitas kamera adalah Sony Ericsson Xperia Arc S.

Overview
Ponsel dengan sistem operasi Android Gingerbread ini hadir tidak lama setelah Sony Ericsson merilis tipe Arc. Bisa dibilang, Arc S adalah revisi dari Arc dengan sedikit perbaikan pada prosesor yang lebih dan teknologi 3D swap panorama. Ponsel ini memiliki bodi yang tipis, ringan dan elegan dengan lekuk bodi yang sedikit melengkung ke belakang. Sekujur tubuh Arc S juga dilapisi bahan plastik glossy. Ukuran layarnya 4.2 inchi jenis LED-backlit LCD berukuran 480 x 854 pixels dengan kedalaman 16 juta warna. Telah dibenamkan teknologi layar Sony Mobile BRAVIA Engine yang membuat tampilan terlihat begitu tajam, karena mampu mempertajam kontras, mengurangi noise gambar, memperkaya warna dan mengurangan pantulan cahaya. Sedangkan pada bagian dapur pacunya disokong dengan Scorpion processor, Adreno 205 GPU, Qualcomm MSM8255 Snapdragon dengan kecepatan 1,4 GHz. Alhasil, kinerjanya sangat cepat. Untuk multitasking, bermain game 3D atau memotret cukup cepat.

Kamera

Kamera adalah fitur andalan di Arc S. Kualitas kamera di ponsel inipun telah diakui. Bahkan berhasil menang di ajang bergengsi EISA (European Imaging and Sound Association) Award untuk kategori European Camera Phone 2011-2012. Sensornya kameranya berukuran 8,1 MP dengan teknologi Exmor R dari Sony yang dapat meningkatkan kualitas gambar dan video bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah.

Beberapa fitur pendukung khas kamera digital telah disertakan di sini seperti autofocus, macro, smile detection, scene recognition, self timer, flash, red eye reduction, geo tagging, exposure, face detection, white balance, image stabilizer, dan sebagainya. Juga terdapat fitur baru 3D Swap Panorama yang memungkinkan untuk menangkap gambar berpenampilan Panorama dengan jarak yang lebih lebar. Cara pengambilannya dengan menggerakkan viewfinder kamera melingkar horizontal maupun vertikal. Hasilnya kurang terasa jika dilihat di ponsel, tetapi akan terlihat bagus jika ditonton di TV 3D. Sementara itu untuk merekam video, ponsel ini sanggup merekam video berkualitas HD 720p.

Saya berkesempatan mencoba ponsel ini sambil bepergian ke Bali. Kualitasnya sangat bagus di siang hari dan tetap bekerja baik di malam hari. Proses pengambilan gambarnya juga relatif cepat. Satu hal yang mungkin disayangkan adalah ketiadaan kamera depan. Walaupun jika Anda lebih suka memotret, fitur ini kurang berguna. Tetapi suatu saat mungkin berguna misal Ada yang meminta dikirimi foto wajah untuk suatu keperluan. Praktis tidak bisa juga untuk berkangen-kangenan dengan pacar atau keluarga yang jauh lewat video calling.

Hasil Foto Kamera Sony Ericsson Arc S

 SPESIFIKASI PRODUK

[easyreview title="Skor Review" cat1title="Kinerja Ponsel" cat1detail="Kinerja cepat berkat prosesor 1,4 GHz." cat1rating="3" cat2title="Fitur Ponsel" cat2detail="Fitur melimpah berkat penggunaan sistem operasi Android Gingerbread dan beberapa fitur ekslusif Sony Ericsson." cat2rating="3" cat3title="Kualitas Kamera" cat3detail="Handal berkat sensor Exmor R" cat3rating="3.5" cat4title="Fitur Kamera" cat4detail="Fitur yang diberikan tergolong lengkap, bahkan ada 3D Swap Panorama yang inovatif" cat4rating="3.5" summary="Sebagai ponsel kamera, Arc S mampu memuaskan penggunanya dengan fitur dan kinerja yang bisa diandalkan."]